Riding the Wave

Pelaku pasar selalu mencari sesuatu yang bisa dijadikan pijakan dalam berinvestasi pada suatu saham, apakah itu berdasarkan Analisa Fundamental maupun Analisa Teknikal, baik itu Investor besar/Institusi ataupun Investor retail seperti kita.

Prinsip dasar dari Analisa Fundamental sederhananya adalah apabila sebuah perusahaan sedang dalam keadaan bagus maka harga saham naik dan begitu juga sebaliknya sedangkan prinsip dasar Analisa Teknikal adalah harga saham sudah memperhitungkan semua, sehingga  cukup dengan fokus menganalisa data historis harga, maka akan bisa meramalkan pergerakan harga saham tersebut kedepannya.

Analisa Fundamental adalah sangat rasional namun konfirmasi-nya tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat, sedangkan Analisa Teknikal sulit dipraktikkan karena sangat banyaknya pilihan indikator serta kurangnya alasan logis yang mendasari.

Prinsip Riding the Wave ini berdasarkan pemikiran bahwa investor ritel tidak akan bisa melawan kekuatan pasar (jual atau beli), saat in dalam kenyataannya pergerakan harga suatu saham banyak dipengaruhi oleh aksi pemain pasar dominan yang bisa saja terdiri dari beberapa entitas akan tetapi bertindak dengan satu tujuan, ciri-ciri pihak ini adalah menguasai pasokan (supply) dan mampu menggerakkan harga.

Dengan mengamati Broker Summary, kita bisa secara matematis menghitung aksi akumulasi/distribusi setiap saat pada suatu saham yang dilakukan oleh sekuritas, sekuritas yang terdaftar di BEI bisa dipetakan menjadi sekuritas favorit investor retail dan yang tidak.

Berdasarkan pemikiran tersebut, maka bro Autogebet membuat sebuah algoritma PETA SAHAM dimana fitur ini memberikan petunjuk terhadap saham mana saja yang mengalami akumulasi/distribusi pada setiap akhir hari perdagangan bursa. Intensitas warna menunjukkan tingkat kekuatan akumulasi (hijau) atau distribusi (merah). Data broker summary untuk seluruh saham setiap harinya ditarik dan diolah secara otomatis, hasilnya disajikan di halaman INSIGHT pada web Gebetsaham.

Semoga dengan diluncurkannya fitur ini semakin mempertajam analisa kita akan pergerakan harga di pasar saham dan pada akhirnya semakin meningkatkan profitabilitas kita dalam berinvestasi di pasar saham.