Partisipasi Dana Asing sebagai Penentu Pergerakan Harga

Dalam metode gebetSaham, pola garis kuning berperan penting untuk mengenali bagaimana perilaku pelaku pasar. Namun banyak investor yang menanyakan, garis kuning mana yang harus dilihat? Karena dalam canvas masing-masing saham tersedia tiga jenis grafik: overall pelaku pasar (atas), dana asing (tengah) dan intraday (bawah). Saat terbuka suatu canvas saham, pertama kali yang harus dilihat adalah seberapa partisipasi dana asing pada suatu saham. 


Partisipasi dana asing pada TLKM sangat tinggi

Mari kita simak contohnya pada saham TLKM, bagaimana cara menilai apakah pergerakan harga TLKM lebih dipengaruhi oleh dana asing? Cermati nilai maksimal volume (sumbu Y) pada grafik atas dan tengah. Nampak pada gambar bahwa sumbu Y grafik dana asing bernilai 40 miliar (dalam satuan lot), sementara sumbu Y pada grafik atas bernilai 2,4M (lot). Artinya, partisipasi dana asing sangat mendominasi, mencapai 16x lipat.

Jika partisipasi dana asing sangat dominan, maka garis kuning pada grafik dana asing (tengah) adalah yang paling mempengaruhi pergerakan harganya, sehingga lebih relevan untuk dicermati dan dianalisa. Sejauh grafik dana asing masih terus naik, kita bisa lebih tenang bahwa nantinya harga akan turut mengikuti naik.

Biasakan untuk selalu cek seberapa partisipasi dana asing ya!