Ikuti Ayunan Blue Chips, Jangan Buy-and-Hold

Blue Chips cocok untuk investasi nabung saham, dengan cara mengikuti ayunannya, bukan disimpan dalam jangka panjang (Buy and Hold). Karakteristik pergerakan harga blue chips mayoritas seperti roller coaster, naiknya pelan, tapi kalau turun kenceng hampir sama seperti saham gorengan. Perjalanan kenaikan harganya sampai beberapa bulan, perlu sabar menunggu, dan ketika sudah mulai naik bisa dapat keuntungan +20%. Ini yang dimaksud dengan "mengikuti ayunan". Sekali mengikuti ayunan bisa dapat 20%.

Ringkasnya, kelebihan investasi di saham blue chips:

  • Bisnis sudah teruji puluhan tahun 
  • Valuasinya besar, dana diatas miliaran bisa masuk kesini
  • Recovery dari kejatuhan cepat dibanding saham lainnya. Momentum saat krisis dimana harga saham blue chips jatuh parah, kita punya uang dingin porsi jumbo dan keyakinan teguh bahwa badai pasti berlalu, dana bisa all in entry di blue chips

Bukannya tidak ada kelemahan ya, sebagian diantaranya:

  • Waktu tunggu sebelum bisa profit taking lebih lama dari gorengan, sekitar 2 - 3 bulan
  • Prosentase keuntungan kalah dengan gorengan

Kira-kira seperti itulah karakteristik blue chips pada umumnya, walaupun ini tidak selalu pukul rata sama all blue chips seperti ini yaaa. Kalau ingin mengikuti ayunan saham blue chips, selalu cermati garis kuning untuk mendeteksi akhir dari ayunan dan siap-siap profit taking.